Semua orang tentu mengenal apa itu Microsoft Office Word. Microsoft Office Word merupakan salah satu aplikasi buatan Microsoft yang fungsingya
untuk mengolah kata. Tentu ada banyak aplikasi – aplikasi pengolah kata lain
yang dapat kita gunakan. Namun tentu saja yang paling umum digunakan adalah
Microsoft Office Word.
Sebelum kita mempelajari trik –trik, tips ataupun tutorial
dalam menggunakan Microsoft Office Word, tentunya terlebih dahulu kita harus
mengenal beberapa bagian pada halaman lembar awalnya.
Sebelumnya yang pertama kali adalah kita buka dulu aplikasi
Micrsoft Office Word yang telah kita instal di komputer atau laptop kita. Ada
beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuka aplikasi Microsoft Word.
Yang pertama cukup dengan meng-klik 2x ikon Microsoft Word
yang ada di layar dekstop.
Cara kedua, dengan meng- klik logo Start menu di kiri bawah
layar komputer / laptop, lalu cari ikon Ms. Word atau pilih All program à
Microsoft Office à
Microsoft Office 2007 (tergantung versi yang teman – teman pakai).
Cara terakhir adalah dengan menggunakan perintah Run (Run Command). Caranya:
- Tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
- Setelah muncul perintah Run, ketikkan perintah winword lalu tekan enter atau OK.
Keterangannya adalah sebagai berikut : (Berdasarkan nomor)
1. Mengatur jendela halaman
Fungsinya untuk mengatur tampilan halaman Ms. Word, yaitu :
• Close, menutup lembar kerja
• Maximize, memperbesar dan mengecilkan ukuran layar Ms. Word
• Minimize, menyembunyikan lembar kerja
2. Title bar
Fungsinya untuk menampilkan judul atau nama dari lembar kerja Ms. Word
3. Quick Access Toolbar
Berisi ikon – ikon untuk akses secara langsung / cepat perintah – perintah pada Ms. Word.
4. Home Button
Berfungsi untuk menjalankan perintah dasar Ms. Word dan pengaturan Ms. Word, seperti New, Open, Save, Print, Word Option, Exit, dll.
5. Tab
Deretan menu – menu pilihan untuk pengolahan kata / dokumen di Ms. Word, didalam masing masing menu ini berisi perintah perintah yang dibutuhkan untuk mengolah dokumen yang akan dibuat. Menu – menu yang ada diantaranta, File, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View.
6. Ribbon
Berisi pilihan – pilihan yang dibutuhkan dalam pengolahan dokumen. Terdiri dari grup – grup yang berisi perintah perintah. Ribbon ada disetiap menu.
7. Group
Berisi kumpulan yang perintah –perintah di dalamnya memiliki fungsi yang sama. Misalnya grup Font. Didalam grup font berisi perintah – perintah yang berkaitan dengaan tulisan atau huruf, misalnya jenis tulisan, ukuran, bentuk, warna dll.
8. Dialog Box
Terdapat disetiap grup untuk menampilkan jendela fungsi dari masing-masing grup.
9. Ruler
Berfungsi untuk mengatur margin pada lembar kerja Ms. Word.
10.View Ruler
Menampilkan penggaris pengatur margin di bagian atas lembar kerja Ms. Word.
11.Lembar kerja Microsoft Office Word, tempat untuk mengetikkan tulisan yang ingin dibuat.
12.Scroll
Memindahkan atau menggeser lembar kerja ke atas dan ke bawah.
13.Terdiri dari bagian:
• Page Number, merupakan infomarsi yang menunjukan nomor halaman / jumlah halaman dan halaman keberapa yang sedang kita kerjakan.
• Word Count, merupakan informasi yang menunjukkan berapa jumlah (banyak) kata yang sudah kita ketik / buat.
• Language, merupakan informasi bahasa penulisan.
14.Status bar
Dengan meng-klik kana pada status bar, kita bisa mengatur apa saja yang bisa ditampilkan pada bagian bawah layar Ms. Word (bagian status bar).
15.View
Mengatur bentuk tampilan layar lembar kerja.
16.Zoom
Merupakan pilihan untuk memperbesar dan mengecilkan halaman lembar kerja
Terimakasih. Sangat bermanfaat
ReplyDelete@Silvia diary Terimmakasih sudah mampir di blog saya
ReplyDeleteSemoga bermanfaat